Ticker

6/recent/ticker-posts

Budaya Gotong Royong Di Sa'at Hajatan Masih Kental Terjaga Di Desa Batu Surau Kecamatan SDT





Pewarta : Habibullah
Muara Enim LENSA DESA
Meski sebagian daerah budaya gotong royong mulai tersingkirkan, namun tidak bagi masyarakat di Desa Batu Suarai Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.


Seperti yang terlihat pada acara hajatan pernikahan rumah Jarwin salah satu warga Batu Surau kecamatan SDT Budaya gotong royong dan kekeluargaan masih kental terasa.

Terlihat keakraban sesama warga Anak kandang dari persiapan acara hingga selesainya hajatan tersebut.



Masyarakat sekitar secara sukarela bahu membahu bergotong royong mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan hajatan tersebut.

"Kami di Di Desa Batu Surau Ini ini kalau ada acara hajatan pernikahan ini, warga di sini secara bergotongroyong membantu yang punya hajatan, entah itu memasak, hingga berberes usai hajatan tersebut," kata Habibullah ,Ungkap salah seorang warga Desa Batu Surau


Demikian juga tak kalah uniknya, lanjutnya, warga yang datang ke rumah hajatan tersebut, juga membawa bantuan untuk yang punya hajat.

Biasanya seekor ayam untuk dipotong atau bantuan lainnya seperti beras, kelapa dan sebagainya yang nantinya diperlukan untuk persiapan hajatan.

"Kami juga membawa paling tidak seekor ayam untuk bantuan kepada yang punya hajatan, itu sudah terbiasa kami lakukan. Kalau tidak membawa rasanya nggak enak, sebab ini sudah menjadi tradisi kami di sini," terangnya

Posting Komentar

0 Komentar